Rabu, 25 Agustus 2010

Fenomena langit terbelah

2 komentar
Sebuah fenomena menarik terjadi di langit Yogyakarta. Sebuah cahaya panjang terlihat membentang seperti membelah langit. Apakah ada penjelasan sains dari fenomena semacam ini?

Fenomena langit terbelah di Jogja telah beredar di dunia maya sejak beberapa bulan yang lalu. Fenomena alam berupa cahaya yang menyorot sehingga langit seperti terbelah tu tejadi saat menjelang magrib pada 11 Juni 2010 pukul 17.30. Sekilas mirip sinar senter raksasa, cahaya biru terang benderang membelah langit Yogyakarta.
Fenomena langit terbelah

Masyarakat Yogyakarta sempat heboh dan khawatir akan terjadi bencana. Maklum, Jogja pernah dihantam gempa dahsyat. Menurut Ketua Jogja Astro Club Mutoha Arkanuddin, fenomena seperti itu memang kerap terjadi menjelang magrib.
Fenomena langit terbelah

Sebagian orang mungkin beranggapan kalau foto di atas adalah hasil Photoshop. Namun, ternyata tidak. Walaupun terlihat sangat spektakuler, fenomena di atas adalah sebuah fenomena yang sudah dikenal di dunia sains dan bahkan memiliki penjelasan yang cukup sederhana.
 
Menurut para pakar merupakan fenomena biasa dan memang selebihnya tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi. Fenomena ini terlihat indah sekali sih, tapi banyak warga yang bertanya-tanya apakah ini pertanda akan ada bencana.
Fenomena langit terbelah

Kepala Sub Bidang Informasi Publik Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofosika (BMKG) Harry Tirto Djatmiko mengatakan, dalam fenomena tersebut adalah fenomena kapan bisa saja terjadi, dalam ilmu perlangitan ada tiga kategori, awan menenagh, awan rendah dan awan tinggi.


Sementara itu, Peneliti di Pusat Sains Atmosfir dan Iklim Thomas Djamaludin mengatakan bahwa fenomena alam tersebut merupakan kejadian alam yang disebut sebagai Dark crepuscular. Hal itu biasanya di katakan di mana kondisi langit sedang terang, namun terdapat garis gelap.

“Garis gelap tersebut terjadi akibat sebuah awan padat besar yang menghalangi radiasi cahaya,” katanya.


ternyata Fenomena langit terbelah pernah juga terjadi belahan dunia lainnya. seperti.
Fenomena langit terbelah
Nebraska, 26 Juni 2008

Fenomena langit terbelahFlorida, 27 February 2002.


Fenomena langit terbelahAnticrepuscular Ray di Arizona


Fenomena langit terbelahSouth Dakota, 2007

Fenomena langit terbelahThailand, Februari 2007
Walaupun ada penjelasannya, saya kira fenomena ini tetap terlihat luar biasa. Bukankah begitu?

2 komentar:

Posting Komentar

Berikan Kritik dan saran Anda Mengenai Blog JOHAN JM Setiap Kritik ataupun saranakan anda sangat berarti sekali buat JOHAN JM agar bisa menjadi lebih baik untuk kedepannya. JANGAN SPAM